Delightedream Website

  • Kumpulan artikel Islami, sesuai pemahaman salafusshalih.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Jul 27, 2014

Sepuluh Sunnah di Hari Raya Ied




Sepuluh Sunah di hari Ied:

1. Menghias diri
Ibnu Abbas RA menuturkan: "Dahulu Nabi Sholallahu'alaihi wasallam memakai burdah berwarna merah di hari Ied". (disahihkan oleh Al-Albani)

Imam malik juga mengatakan: "aku dengar para ulama suka memakai parfum serta berhias diri setiap hari Ied"

2. Mandi sebelum keluar rumah menuju tempat solat Ied.
Nafi' meriwayatkan bahwa dahulu sahabat Ibnu Umar selalu mandi sebelum keluar menuju tempat solat Ied. (Al Muwaththo' 384, disahihkan oleh Al Albani dalam Irwa')

Imam Said bin Musayyib juga mengatakan: "Sunnah Idul Fitri itu ada tiga: berjalan kaki ke tempat solat, makan, dan mandi sebelum pergi solat". (diriwayatkan oleh Al faryabi, syaik Al Albani berkata: sanadnya sahih)

3. Makan kurma sebanyak bilangan ganjil sebelum pergi solat.
Sahabat Anas bin Malik menuturkan: "Dahulu Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam tidak pergi solat Ied sebelum makan kurma sebanyak bilangan ganjil". (Shahih Al Bukhari 953)

4.Berjalan Kaki ke tempat solat.
Sahabat Ibnu Umar  mengatakan: "Dahulu Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam biasa pergi solat Ied berjalan kaki, dan pulang juga berjalan kaki". (Hasan/Sahih Ibnu Majah, Syaikh Al Albani 1078 (1311) )

5. Mengambil jalan berbeda ketika pergi dan pulang solat Ied.
Sahabat Jabir bin Abdillah mengatakan: "Dahulu Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam pada solat Ied mengambil jalan yang berbeda" (Sahih Al Bukhari, 986)

6. Bertakbir sejek keluar rumah sampai didirikannya soal Ied.
Imam Az zuhri meriwayatkan bahwa "dahulu Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam keluar rumah untuk solat Ied seraya bertakbir sampai tempat solat dan bahkan sampai selesai solat. Apabila selesai solat, beliau berhenti bertakbir." (Silsilah Ahadits Sohihah, Syaikh Al Albani, 171)

7. Solat Ied di tanah lapang.
Sahabat Ibnu Umar menuturkan, "Dahulu Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam pergi ke tempat solat Ied sambil membawa tombak kecil. Ketika sampai pada lokasi yang dituju, tombak itu ditancapkan dihadapan beliau, lalu beliau solat menghadapnya. Hal itu karena tempat solat merupakan lapangan terbuka, tanpa ada naungan sedikitpun. (Sunan Ibnu Majah, 1294)
Syaikh Al Albani juga berfatwa bahwa solat Ied di tanah lapang adalah sunnah.
Dan Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam sendiri lebih memilih hal itu dibandingkan solat di masjid.

8. Mendengarkan Khutbah.
Sahabat Abdullah bin Saib menuturkan,"aku pernah menghadiri solat Ied bersama Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam. Usai mengimami, beliau berkata,"kita sudah selesai solat. Siapa yang ingin duduk mendengarkan khutbah, silahkan. Siapa yang ingin segera pulang, juga silahkan. (HR Ibnu Majah, disahihkan oleh Al Albani)

9. Mengucapkan selamat.
Dari Jubair bin Nafir bahwa para sahabat Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam jika bertemu pada hari Ied mereka saling berujar: "Taqobbalallahu minna wa minka". (disahihkan oleh Al Albani)

10. Solat dua rakaat dirumah usai solat Ied.
Sahabat Abu Said Al Khudri menuturkan: "Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam  tidak pernah solat apapun sebelum solat Ied. Namun apabila kembali ke rumah, beliau solat 2 rakaat." (HR Ibnu Majah, disahihkan oleh Al Albani)